Organ Reproduksi Wanita




Jika bicara mengenai kehamilan, atau cara untuk mendapatkan kehamilan, rasanya belum lengkap jika tidak mengikutsertakan informasi mengenai organ reproduksi, khususnya reproduksi wanita. Karena tanpa pengetahuan mengenai organ reproduksi ini, semua informasi yang didapat akan menjadi kurang efektif.


Pada organ reproduksi wanita, yang penampangnya seperti di atas, terdapat beberapa poin penting berikut:

  1. VAGINA --> di sinilah sperma memulai perjalanannya untuk bertemu dengan sel telur
  2. CERVIX --> leher rahim, berfungsi menghasilkan lendir yang mendukung jalan masuknya sperma
  3. UTERUS --> rahim, tempat berkembangnya janin hasil pembuahan
  4. ENDOMETRIUM --> dinding rahim, tempat embrio hasil pembuahan akan melekatkan diri
  5. FALLOPIAN TUBE --> saluran sel telur, di tempat inilah sperma bertemu dengan sel telur
  6. OVARY/OVARIUM --> indung telur, penghasil sel telur
Sebagaimana kita ketahui, ovarium sebagai penghasil sel telur akan memproduksi sel telurnya satu bulan sekali pada saat ovulasi/ masa subur. Dari ovarium, sel telur akan berjalan melalui fallopian tube. Di sini, sel telur akan menunggu datangnya sperma. Bila dalam masa hidupnya yang singkat 12-24 jam, sel telur tidak dibuahi, maka akan gugur dan terjadilah menstruasi.

Sebalikya bila terjadi pembuahan, maka akan terbentuk embrio (calon janin). Embrio ini selanjutnya akan berjalan menuju uterus/ rahim, dan kemudian melekatkan diri pada endometrium/ dinding rahim untuk berkembang menjadi janin.

INFO PENTING:
Untuk mendukung suksesnya pembuahan, maka hal yang perlu diperhatikan adalah:
  • Kesehatan ovarium, sebagai penghasil/ produksi sel telur
  • Saluran telur/ fallopian tube yang sehat dan terhindar dari penyumbatan, untuk mendukung dan memperlancar jalannya sperma
  • Kesehatan rongga rahim/ uterus dan dinding rahim/ endometrium nya, sehingga memungkinkan terjadinya perlekatan embrio (bagian inilah yang umumnya menjadi perhatian dokter kandungan pada saat usg, untuk memastikan tidak adanya perlekatan kista)
  • Sperma yang sehat dengan laju kecepatan memadai, sehingga dengan perjalanannya yang cukup panjang dan usianya yang juga tidak lama 2-3 hari, masih memungkinkan untuk bertemu dan membuahi sel telur

Poskan Komentar

Copyright © 2008 - Cara Cepat Hamil - is proudly powered by Blogger
Smashing Magazine - Design Disease - Blog and Web - Dilectio Blogger Template